IKK 233 - H44140096
Desy Safitri
H441400096
H441400096
Departent of Resources and Environmental Economics
Faculty of Economics and Management
Bogor Agricultural University
Faculty of Economics and Management
Bogor Agricultural University
Consumer Behaviour Class (IKK 233)
Department of Family and Consumer Sciences
Faculty of Human Ecology
Bogor Agricultural University
with guidance by;
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc ( www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr Ir Megawati Simanjuntak, MS
Ir Retnaningsih, Ms
"the term consumer behavior refers to the behavior that consumer display in searching for, purchasing, evaluating, and disposing of products and services that they expect will statisfy their needs" (Schiffman and Kanuk)
seperti itulah definisi perilaku konsumen menurut schiffman dan kanuk. setiap orang sebaiknya mempelajari peeilaku konsumen karena sebagai konsumen, kita berhak tau apa saja hak yang kita dapat, dan sebagai produsen kita juga harus tau pelayanan seperti apa yang seharusnya didapat oleh konsumen.
semua di atur dalam undang-undang tentang perilaku konsumen tahun 1999.
MODEL KEPUTUSAN KONSUMEN
Proses keputusan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi barang dan jasa terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen.
Proses kepututusan konsumen tersebut dipengaruhi oleh riga faktor utama yaitu, strategi pemasaran, perbedaan individu, dan faktor lingkungan.
PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN
Pemasaran adalah suatu proses bagaimana mengidentifikasi kebutuhan konsumen kemudian memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen tersebut dan meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan produk tersebut.
Pemahaman yang baik kepada perilaku konsumen akan membantu para manajer melakukan hal - hal berikut :
1. Analisis lingkungan
Demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, budaya.
2. Riset pasar
mencari informasi bagaimana perilaku konsumen seperti membeli, mengkonsumsi, dan melakukan keputusan.
3. Segmentasi
pengelompokan pasar atau konsumen berdasarkan kesamaan karakteristik tertentu
4. positioning dan deferensiasi
5. Bauran pemasaran.
seperti itulah pembahasan ringkas mengenai bab 1 mata kuliah perilaku konsumen yang boombaastissss :) seperti penulis dibawah ini. hehew
abaikan saja.. |
0 komentar:
Posting Komentar